Cara Install dan Konfigurasi Cacti di Ubuntu 22.04

Tutorial cara install dan konfigurasi cacti di ubuntu 22.04 serta menambah Mikrotik ke Cacti

Cacti merupakan tool atau software yang digunakan untuk membuat dan menampilkan gambar berupa grafik lalu lintas data dan performa pada perangkat jaringan atau server.

Biasanya digunakan oleh ISP atau perusahaan infrastruktur jaringan untuk memonitoring perangkat aktif seperti Switch, Router, server dan perangkat lainnya.

Cacti juga bisa menjadi parameter untuk menentukan apakah kualitas jaringan atau server sedang dalam kondisi normal atau tidak.

Cacti menggunakan protokol SNMP untuk mendapatkan data dari perangkat jaringan yang kemudian ditampilkan ke dalam grafik.

Dalam artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana cara install dan konfigurasi cacti di Ubuntu 22.04.

Update sistem Ubuntu

Pertama kita lakukan update sistem ubuntu terlebih dahulu dengan perintah berikut. Jangan lupa login sebagai super user dulu ya.

apt update -y

Install dan Konfigurasi Cacti

Masukkan perintah berikut untuk melakukan instalasi Cacti.

apt install cacti -y

Akan muncul popup untuk memilih web server yang kita gunakan agar Cacti dikonfigurasi secara otomatis, kita pilih Apache2.

Cacti membutuhkan database agar bisa berjalan normal. Kita diberikan pilihan apakah akan langsung melakukan konfigurasi database atau tidak. Kita pilih saja yes untuk melakukan konfigurasi database dengan db-common karena kita melakukan fresh install.

Selanjutnya kita diminta untuk mengisi password dan konfirmasi password user cacti pada database MySQL.

Jika instalasi sudah selesai, selanjutnya kita bisa akses halaman web Cacti pada browser dengan alamat http://alamat-ip/cacti.

Login menggunakan username admin dan password sama dengan password MySQL pada saat proses instalasi.

Berikut adalah tampilan dashboard Cacti di server kita.

Menambah Perangkat di Cacti

Untuk menambahkan perangkat yang akan kita monitoring di Cacti, pastikan perangkat sudah mendukung SNMP dan sudah dikonfigurasi community nya.

Klik menu Create, kemudian pilih New Device, kemudian masukkan data yang diperlukan seperti Description, Hostname atau alamat IP, serta SNMP Community.

Jika kita berhasil menambahkan perangkat di Cacti, selanjutnya kita buat graph baru dari perangkat. Klik *Create Graphs for this Device.

Pilih interface yang akan kita buatkan graphnya, disini saya memilih interface ether-1 dan ether-2 dan Hotspot. Pilih type graph menjadi In/Out Bits (64-bit), kemudian klik Create.

Tunggu hingga 5 menit agar server melakukan polling data.

Kita dapat melihat grafik dari traffic atau ping ke perangkat kita di menu Graphs.

Penutup

Kita telah berhasil membuat server cacti dan menambah Mikrotik ke dalam server Cacti. Semoga artikel ini dapat dimengerti dan bermanfaat.

Jika ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah ya.

Situs yang antusias berbagi informasi teknologi terkini.

Post a Comment