Monitoring Perangkat Menggunakan Netwatch dan Telegram

Monitoring perangkat jaringan menggunakan Netwatch dan Telegram dengan mudah

Netwatch merupakah salah satu tool yang ada pada Mikrotik untuk melakukan monitoring perangkat jaringan.

Netwatch akan melakukan pengetesan ping ke suatu host tertentu dengan interval dan timeout yang bisa kita tentukan. Jika status host online ataupun offline maka Netwatch akan melakukan action yang kita buat, salah satunya adalah notifikasi melalui Telegram.

Beberapa hal yang perlu kita siapkan adalah bot Telegram, grup Telegram, dan script untuk mengirimkan notifikasi ke Telegram.

Dengan melakukan monitoring perangkat jaringan menggunakan Netwatch dan Telegram, kita dapat melakukan monitoring secara efektif dan responsif.

Membuat Bot Telegram

1. Cari bot dengan nama @BotFather, kemudian mulai dengan klik tombol Start atau ketik chat /start.

2. Kita buat bot Telegram dengan mengetik perintah /newbot. Kemudian kita akan diminta untuk membuat nama dan username bot, disini kita akan buat nama Raintekno dan username Raintekno_bot.

3. Setelah pembuatan bot Telegram selesai, maka kita akan mendapatkan token untuk mengakses API bot kita. Catat bot token tersebut ya.

4. Buat grup baru dan masukkan bot Telegram yang sudah kita buat ke dalam grup.

5. Selanjutnya kita perlu mengetahui chat id grup yang sudah kita buat agar bot Telegram secara otomatis mengirimkan pesan notifikasi ke grup kita. Caranya login ke web.telegram.org dan klik chat grupnya. Maka akan muncul chat id pada address bar setelah alamat https://web.telegram.org/a/chatid

Catat token bot dan chat id grup yang sudah kita dapatkan ya.

Monitoring Perangkat dengan Netwatch

1. Login ke Mikrotik menggunakan Winbox, kemudian pilih menu Tools > Netwatch. Klik Add untuk menambahkan perangkat yang akan kita monitoring.

2. Masukkan host atau alamat IP perangkat yang akan kita monitoring. Misalnya disini kami akan memonitoring perangkat dengan alamat IP 10.100.1.6

Keterangan

  • Host: Alamat IP atau domain yang akan dimonitoring. Netwatch akan melakukan ping untuk mengecek status up atau down.
  • Interval: Waktu dalam detik untuk menentukan interval ping Netwatch ke host. Misalnya kita set 00:01:00 artinya Netwatch akan melakukan ping setiap 1 menit untuk mengetahui status host.
  • Timeout: Waktu dalam milidetik bagi Netwatch untuk menunggu respon ping dari host. Jika kita set 1000 ms artinya Netwatch akan menunggu selama 1 detik untuk menentukan host tersebut down.

3. Agar Netwatch mengirimkan notifikasi ke dalam grup Telegram melalui bot, kita perlu mengisi tab UP dan DOWN dengan script berikut.

Script untuk tab UP.

/tool fetch url="https://api.telegram.org/bot(bot_token)/sendMessage?chat_id=(group_chatid)&text=HOST 10.100.1.6 UP" keep-result=no

Script untuk tab DOWN.

/tool fetch url="https://api.telegram.org/bot(bot_token)/sendMessage?chat_id=(group_chatid)&text=HOST 10.100.1.6 DOWN" keep-result=no

Ubah bagian (bot_token) dengan token bot masing-masing dan (group_chatid) dengan chat id grup yang sudah dibuat.

Jika sudah selesai konfigurasi Netwatch di Mikrotik, maka akan muncul notifikasi UP atau DOWN di Telegram seperti berikut.

Situs yang antusias berbagi informasi teknologi terkini.

Post a Comment