Cara Install Windows 11 di Virtualbox Lengkap dengan Gambar

Windows 11 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Windows. Pada Windows 11 ini, Microsoft melakukan berbagai update dari versi sebelumnya yaitu Windows 10. Salah satu yang paling signifikan adalah dari segi tampilan.

Windows 11 memiliki tampilan yang clean dengan posisi Start Menu dan taskbar yang berada di tengah. Gaya tampilan yang mirip dengan sistem operasi MacOS dari produk Apple.

Nah untuk teman-teman yang ingin merasakan Windows 11 tanpa install ulang atau upgrade dari Windows 10, bisa mencoba dengan install Windows 11 di VirtualBox.

Persiapan

Sebelum melakukan instalasi Windows 11 di VirtualBox, yuk siapkan beberapa hal berikut ini.

Sudah menyiapkan 2 hal di atas? Yuk mulai proses instalasi Windows 11 di VirtualBox.

Cara install Windows 11 di VirtualBox

Berikut adalah langkah-langkah untuk install Windows 11 di VirtualBox.

1. Pertama, kita buat mesin virtual baru dengan cara klik New.

2. Isi nama mesin yang akan kita buat, disini kita memberikan nama Windows 11. Pada menu ISO image, pilih file iso Windows 11 yang sudah kita unduh sebelumnya. Klik Next.

3. Kita alokasikan RAM dan CPU yang akan digunakan untuk Windows 11. Disini kita set 4GB RAM dan 2 Core CPU. Klik Next untuk melanjutkan.

4. Selanjutnya kita atur ukuran virtual harddisk Windows 11. Kita set sebesar 60GB ya.

5. Berikut adalah summary spesifikasi Windows 11 yang akan kita install di VirtualBox. Klik Finish.

6. Klik Start untuk memulai proses instalasi Windows 11.

7. Pertama kali masuk ke Windows, kita akan memilih bahasa, format waktu, dan mata uang. Untuk bahasa kami pilih English, sedangkan waktu dan mata uang kami pilih Indonesia. Keyboard method dibiarkan US saja.

Klik Next lalu klik Install now untuk memulai proses instalasi.

8. Selanjutnya kita diminta untuk mengisi Product Key. Kita pilih I don't have a Product Key karena tidak memiliki product key nya.

9. Pilih jenis sistem operasi yang akan kita install. Disini kami install Windows 11 Home, kemudian klik Next. Pada tahap ini silakan disesuaikan dengan keinginan teman-teman ya.

10. Centang checkbox di sebelah tulisan "I accept ...." untuk menyetujui lisensi software dari Windows. Kemudian klik Next.

11. Pilih tipe instalasi yang akan kita lakukan. Pada tahap ini, pilih Upgrade jika ingin melakukan upgrade dari sistem operasi sebelumnya. Karena kita melakukan fresh install, jadi kita pilih Custom: Install Windows only (advanced).

12. Kita akan memulai proses partisi. Pertama kita pilih harddisk yang terbaca, klik New kemudian kita isi ukuran partisi yang akan kita buat. Pada tutorial ini kita hanya membuat satu partisi saja. Klik Apply.

Muncul kotak dialog "To ensure that all windows features work correctly windows might create additional partitions" yang menyatakan bahwa secara otomatis akan membuat partisi baru. Partisi ini digunakan untuk menyimpan file sistem yang penting seperti file pemulihan (recovery), booting, atau sistem yang diperlukan agar windows berjalana normal. Klik Ok.

13. Berikut adalah partisi yang sudah kita buat. Klik Next untuk melanjutkan.

14. Proses instalasi Windows 11 sedang berlangsung, tunggu beberapa saat.

15. Virtualbox Windows 11 akan secara otomatis melakukan restart dan muncul tampilan untuk memilih negara. Kita pilih Indonesia, kemudian klik Yes.

16. Selanjutnya kita akan memilih tampilan keyboard yang digunakan, pilih US. Jika muncul tampilan untuk menambah tampilan keyboard, pilih Skip saja. Kemudian virtualbox Windows 11 kembali melakukan restart secara otomatis.

17. Isi nama perangkat Windows 11 yang kita instal. Disini kami menamai Windows 11 ini dengan nama Raintekno, klik Next.

18. Jika kita menginstall Windows 11 pada Virtualbox yang laptopnya terhubung dengan internet, kita akan diminta untuk Sign in. Kemudian kita masukkan email Microsoft yang sudah kita miliki.

19. Kita pilih Set up as new PC saat diminta untuk memilih set up. Klik Next untuk melanjutkan.

20. Kita buat PIN untuk masuk ke sistem operasi Windows 11. Disini teman-teman bebas ya memasukkan PIN yang mudah diingat.

21. Pilih pengaturan privasi yang disetujui, disini kami pilih default, kemudian klik Accept.

22. Pada pilihan Let's customize your experience kita pilih skip saja ya.

23. Selanjutnya apakah kita akan sinkronisasi antara handphone Android dengan Windows 11 yang kita install. Tahap ini kita skip aja ya.

24. Pada tahap Keep your phone's photos safe with Onedrive, kita diberi opsi untuk membackup foto yang berada pada handphone Android ke Onedrive. Disini kami pilih skip aja.

25. Selanjutnya pada Always have access to your recent browsing data kita skip juga.

26. Kita diberi penawaran untuk mencoba trial Microsoft Office 365. Karena tujuan kita install Windows 11 di Virtualbox ini hanya untuk percobaan sehingga kita pilih Decline.

27. Pilih Decline juga pada penawaran penyimpan cloud di Microsoft 365 Basic.

28. Tunggu beberapa saat proses instalasi akan selesai.

29. Proses instalasi Windows 11 di VirtualBox telah selesai. Kita bisa menggunakan Windows 11 di VirtualBox ini seperti menggunakan Windows pada PC atau laptop asli.

Penutup

Kita telah berhasil melakukan instalasi Windows 11 di Virtualbox. Kita dapat merasakan fitur-fitur yang ada pada Windows 11 secara virtual melalui Virtualbox.

Semoga artikel cara install Windows 11 di Virtualbox lengkap dengan gambar ini dapat membantu teman-teman untuk memahami proses instalasi Windows 11.

Baca juga:
Situs yang antusias berbagi informasi teknologi terkini.

Post a Comment